Audi Jual A6 Terbaru Bersama Versi Hibridanya

Audi memperkuat daya saingnya di segmen sedan mewah menengah dengan meluncurkan model terbaru (desain ulang) A6. Di negara asalnya, A6 akan berperang dengan BMW Seri-5 dan Mercedes-Benz E-Class. Di Jerman sendiri, A6 baru dijual pada awal 2011 yang hanya tersisa 30 hari lagi.

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, A6 baru ini lebih ceper dan pendek. Tampilan itu bisa dilihat dari dimensinya: panjang 4,92 m, lebar 1,87 m, dan tinggi 1,46 m, serta jarak sumbu roda 2,91 meter. Lebar dan jarak sumbu rodanya bertambah.

Hal lain yang dibanggakan Audi, bobot A6 terbaru ini lebih ringan jika dibandingkan dengan kompetitornya. Pasalnya, konstruksi bodi dibuat dengan komposit baja-aluminium sehingga 15 persen lebih enteng dibandingkan dengan konstruksi bodi baja saja. Adapun bobot mobil—tidak termasuk pengemudi—1.575 kg (menggunakan mesin 2.0 TDI).

Dijelaskan pula, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan serta multi-media yang makin banyak.

Pilihan mesin
Audi menyediakan 5 pilihan mesin, yang terbagi menjadi 2 mesin bensin dan 3 diesel dengan format 4 dan 6 silinder. Untuk bensin, ada mesin 3,0 liter TFSI berinjeksi langsung yang dilengkapi dengan supercharger, mesin 2,0 liter TFSI, dan mesin TFI dengan turbocharger.

Mesin 2,8 FSI, V6 tanpa turbocharger menghasilkan tenaga 150 kW (240 PS) dan torsi 280 Nm @5.250-6.500 rpm. Adapun mesin bensin yang paling bertenaga adalah TFSI 3,0 liter. Mesin ini berkonfigurasi V6, bertenaga 220 kW (300 PS), dan memiliki torsi 440 Nm @2.900-4.450 rpm.

Untuk diesel, mesin yang paling irit adalah TDI 2,0 liter 4-silinder yang menghasilkan tenaga 130 kW (177 PS) dan torsi 380 Nm @1.750-2.500 rpm. Adapun mesin terbarunya berkonfigurasi V6, 3,0 liter, dan tanpa turbo. Mesin ini bertenaga 150 kW (204 PS) dan torsi 400 Nm @1.250-3.500 rpm.

Masih untuk diesel, mesin yang paling top adalah TDI 3,0 liter yang bertenaga 180 kW (245 PS) dan bertorsi 500 Nm @1.400-3.250 rpm. Audi mengklaim, A6 dengan mesin ini sanggup sprint 0-100 km/jam hanya dalam waktu 6,1 detik.

Versi hibrida
Audi juga mengumumkan bahwa mereka akan segera menyuguhkan A6 hibrida dengan dua pilihan mesin. Pertama, kombinasi (digabungkan secara paralel) mesin bensin 2.0 TFSI (55 kW atau 211 PS) dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 33 kW (45 PS) dan torsi 155 Nm. Motor listrik langsung dipasang di belakang TFSI, menghuni tempat torque converter dari transmisi tiptronic 8-percepatan dan meneruskan torsi ke roda depan. Ini merupakan hibrida kedua dari Audi setelah Q5 Quatrro.

Model hibrida lainnya menggunakan mesin V6 dengan efisiensi setara mesin 4-silinder (mesin bensin). Kemampuan akselerasinya, untuk 0-100 km/jam, 7,3 detik dengan kecepatan tertinggi 238 km/jam dan konsumsi bahan bakar rata-rata 16 km/liter.

Untuk baterai, Audi menggunakan lithium-ion yang disimpan di bagasi. Baterai mampu menyimpan listrik 1,3 kWh, sedangkan tenaga maksimum yang dihasilkan 39 kW. Baterainya bisa didinginkan dengan dua cara. Cara pertama, udara ditiupkan dari interior. Cara kedua, menggunakan sirkuit refrigerant AC mobil. Dengan cara ini, suhu kerja baterai bisa dijaga sehingga kemampuan menghasilkan tenaga selalu tetap dalam berbagai kondisi cuaca.

Performa
Untuk versi hibrida, Audi mengklaim bahwa produknya ini bisa dikebut sampai 100 km/jam dengan hanya memanfaatkan energi listrik dari baterai. Kendati demikian, ketika dikebut pada kecepatan konstan 60 km/jam, baterainya hanya bisa untuk menempuh jarak 3 km.

Sistem bekerja pada mode motor bakar saja atau mode hibrida. Saat mobil melambat atau direm, energi kinetik akan disimpan ke baterai.

Penulis: AGK,ZBJ
Editor: Zulkifli BJ

sumber: kompas.com

This entry was posted on Monday, June 7th, 2010 at 9:44 am and is filed under Otomotif. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.